5 Alasan Kenapa Anda Harus Membuat PT

5 Alasan Kenapa Anda Harus Membuat PT

Pembuatan legalitas usaha di Indonesia saat ini menjadi semakin massive, karena semakin banyak orang memaksimalkan keseluruhan niat usaha dari mulai modal, bidang usaha yang akan dijalankan, rencana dalam bisnis karena iklim bisnis di Indonesia semakin lama semakin banyak.

Bentuk badan usaha pun memiliki macam-macam jenis, salah satunya badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Proses pembuatan PT akan mendapatkan banyak keuntungan untuk anda jika anda ingin memulai suatu usaha.

Dalam pengertian ahli – Ridwan Khairandy pada bukunya Perseroan Terbatas: Doktrin, Peraturan Perundang-undangan, dan Yurisprudensi, pengalihan saham secara penuh dalam kepemilikan merupakan salah satu karakteristik korporasi yang membedakan korporasi dari persekutuan perdata dan badan hukum yang sejenis.

1. Lebih Profesional dan Kredible

Kegiatan usaha dalam badan usaha ini sangat membutuhkan dasar struktur organisasi perusahaan, terdiri Direksi, Dewan Komisaris, dan diperlukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Masing-masing dari aspek tersebut memiliki kapasitas dan kewajiban tersendiri dalam menjalankan tanggung jawab kegiatan perusahaan.

Berbeda halnya dengan badan usaha yang tidak terbentuk menjadi badan hukum, jikapun ada kegiatan berusahanya dan dijalankan oleh 2 (dua) orang dan pengambilan keputusan maka fungsi pengawasan dalam sebuah PT akan memiliki kredibelitas yang lebih terjamin dan profesional dalam menjalankan struktur organisasi.

Karena status Perseroan Terbatas (PT) menjadi badan hukum, maka keuntungan akan menjadi keuntungan perusahaan dan sebaliknya apabila menderita kerugian maka ditanggung oleh harta kekayaan PT tersebut.

Jadi pemisahan ini sudah jelas antara harta pribadi dan harta PT, maka akan memudahkan pihak ketiga atau mitra membuat penilaian mengenai kemampuan perusahaan tersebut dalam melakukan transaksi bisnis.

Dalam kredibilitasnya, Perseroan Terbatas memiliki kewajiban untuk menyetor penuh modal yang ditempatkan minimal 25% dari modal dasar dan dibuktikan dengan bukti setor (Pasal 33 UUPT).

2. Kemudahan Proses Mendirikan PT

Saat ini prosedur dan persyaratan lebih mudah dari sebelumnya, saat ini mendirikan sebuah PT memiliki proses cepat dan murah.

Sebuah PT akan menjadi Sah jika berbadan hukum dan dapat melakukan tindakan hukum yang terpisah dai pendiri/pemiliknya terhitung sejak terbitnya SK Kemenkumham.

Proses dari mulai notaris membuat pengajuan permohonan pengesahan akta pendirian dan anggaran dasar PT sampai dengan terbitnya SK Kemenkumham bisa selesai dalam waktu 2 hari setelah penandatangan Akta Minuta.

3. Pemisahaan Peran Penanggung Jawab

PT memiliki susunan jelas dalam peran organisasi usahanya. Bagian-bagian ini terdiri atas beberapa bagian, diantaranya (Direksi, Dewan Komisaris, dan Rapat Umum Pemegang Saham. RUPS ini memiliki wewenang tertinggi dalam berjalannya kebijakan perusahaan.

Sesuai isi Pasal 1 ayat (2) UUPT dikatakan bahwa RUPS memiliki wewenang yang tidak diberikan kepada Direksi dan Dewan Komisaris dalam batasan yang ditentukan dalam Undang-Undang ini dan/atau anggaran dasar.

Organ berikutnya adalah direksi yang berwenang dan bertanggung jawab penuh atas pengurusan Perseroan untuk kepentingan Perseroan, sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan serta mewakili Perseroan, baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar.

Kemudian organ yang ketiga adalah dewan komisaris yang bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai dengan anggaran dasar serta memberi nasihat kepada direksi. Posisi direksi dan komisaris tidak bisa dirangkap oleh orang yang sama di sebuah PT.

4. Memiliki Kemudahan Kepercayaan Usaha

Porsi kekayaan pemegang saham dalam sebuah PT terbagi dalam lembar saham, secara teori cukup mudah jika mengalihkan kepemilikan dan melakukan penilaian atas modal yang ada dalam satu PT milik pemegang saham ke pemilik saham yang lain dalam satu PT, namun tidak terlepas dari ketentuan dasar yang tertulis UUPT.

Bentuk usaha dengan badan hukum Perseroan Terbatas akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan investor atau lembaha keuangan yang hendak memberikan dananya. Karena ada beberapa nama dalam organisasi, maka itu akan memudahkan secara jelas siapa yang akan bertanggung jawab jika diperkirakan akan terjadi masalah. Pada kekayaan PT lembar saham juga bisa diperjual-belikan kepada investor untuk penambahan modal.

Karena kebutuhan dalam bentuk usaha ini, menyebabkan keleluasaan kepada organ untuk melakukan aktivitas bisnis, baik dari segi bidang ataupun wilayah oprasional. Dalam hal ini pembentukan atau pemilihan usaha diatur dalam KLBI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

5. Pengaturan Pajak dan Laporan Keuangan

Berdasarkan PP No.23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu (PP No.23) diatur bahwa tarif pajak penghasilan adalah 0,5% dari penghasilan bruto tertentu.

Dengan kata lain, banyak keuntungan bagi perusahaan yang telah menjadi PT, harus dilakukan pelaporan sesuai dengan peraturan yang telah dibentuk.

Kemudahan dalam badan usaha ini akan menjadikan kami sebagai salah satu layanan terlengkap dalam jasa pembuatan PT dan juga Jasa pelaporan pajak dan laporan keuangan perusahaan anda.

Setelah anda melakukan pendirian PT maka bisnis anda akan tergolong sah dan legal dimata hukum. Pengelolaan keuangan dalam bisnis anda akan menjadi hal yang riskan juga jika anda tidak memikirkan dengan baik, karena dengan pengelolaan yang baik akan membuat usaha anda semakin berkembang.

Source:

Jasa Pembuatan PT

Tags : 

Business,UMKM

Share This : 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »