Perbedaan Hak Cipta, Hak Paten, Hak Merk

Perbedaan Hak Cipta, Hak Paten dan Hak Merk

Pada dasarnya perbedaan Hak Cipta, Hak Paten, dan Hak Merek sudah diatur dalam Undang-Undang tersendiri. Hak Paten diatur dengan UU No.14/2001 tentang Paten. Hak paten diberikan pengakuan kepada penemu atas temuannya yang dapat diterapkan dalam industri. Hak Cipta diatur dengan UU No.28/2014 tentang Hak Cipta. Hak Merek diatur dalam UU No.15/2001 tentang Merek.  

Hak Cipta

Pengertian dari Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hak Cipta secara sumber karya harus memiliki kemampuan pikiran yang orisinil, memiliki imajinasi, cekatan, keterampilan atau keahlian. Hak Cipta ini akan berlaku seumur hidup dan akan berlaku 50 tahun dari pencipta meninggal dunia.

Hak Paten

Hak Paten merupakan Hak Eksklusif juga diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya dibidang teknologi untuk jangka waktu tertentu guna melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Dalam sumber karya Hak Paten memiliki suatu hasil invensi yang harus berwujud, memiliki

konfigurasi, kontraksi dan komponen (paten sederhana). Hak ini memiliki masa berlaku selama 20 (duapuluh) tahun sejak tanggal penerimaan untuk paten (biasa) dan tidak dapat diperpanjang.

Hak Merek

Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Sedangkan Hak Merek pada pengertian sumbernya merupakan suatu hasil karya yang memiliki pembeda dan diwujudkan dalam unsur gambar, warna (susunan wana) kata huruf, angka dan kombinasi, masa berlaku Hak Merek akan berlaku selama 10 tahun untuk sejak tanggal penerimaan sertifikat merek dan dapat diperpanjang dengan waktu yang sama.

Untuk saat ini Hive Five dapat membantu anda untuk pengurusan legalitas HKI Merek dengan harga yang murah dan cepat.

Tags : 

News,Pajak,Updates

Share This : 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »